Senin, 23 Desember 2013

Pemrograman game

1) Pemrograman Game dengan Java dan GTGE
Cover Buku Pemrograman Game Dengan GTGE
Penulis: Andi Taru Nugroho NW
Jumlah Halaman: 168
Penerbit: Andi Publisher
Terbit: Agustus 2011

Pembuatan sebuah game tidak pernah lepas dari pemrograman. Saat ini, Java telah berkembang pesat menjadi bahasa pemrograman universal yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi database, web, musik, hingga game. Kemampuan Java yang stabil dan bersifat gratis, menjadi factor pendorong munculnya berbagai game engine yang dapat digunakan untuk membuat game secara lebih cepat, mudah, dan efektif.Melalui buku ini, penulis akan membahas secara lengkap tentang salah satu game engine Java yang powerfull, yaitu GTGE (Golden T Game Engine). GTGE adalah game engine berbasis Java yang bersifat gratis dan merupakan game engine buatan orang Indonesia. Dengan GTGE programmer, pembuatan game berbasis 2D menggunakan Java akan terasa lebih mudah. GTGE juga menyediakan banyak komponen siap pakai seperti Sprite, Collision, Audio, OpenGL Graphics, Background, Utility, Networking, User Interface, dan masih banyak lagi. Programmer pun dapat lebih leluasa membuat custom komponen di dalamnya sehingga terasa semakin fleksibel dan mudah. Hampir semua jenis game didukung oleh game engine tersebut.
Penulis berharap kehadiran buku ini dapat membuka wawasan pembaca tentang keberadaaan game engine GTGE dan pemakaiannya secara lengkap. Dengan demikian, game di Indonesia dapat berkembang dengan lebih cepat.
2) Konsep dan Pemrograman Graphical User Interface pada Game
Cover Buku Pemrograman Game Dengan GTGE
Penulis: Andi Taru Nugroho NW
Jumlah Halaman: 144
Penerbit: Andi Publisher
Terbit: Maret 2012

Pemrograman GUI (Graphical User Interface) pada game tidaklah sama dengan pemrograman GUI pada aplikasi database atau aplikasi web. Pemrograman GUI pada game memerlukan teknik dan pengetahuan khusus. Melanjutkan buku pemrograman game yang sebelumnya, yaitu Pemrograman Game dengan Java dan GTGE maka penulis ingin mengangkat buku dengan tema yang lebih spesifik berjudul Konsep dan Pemrograman Graphical User Interface pada Game.
Dengan adanya buku ini, diharapkan para pembaca dapat lebih memahami konsep pembuatan GUI pada game dan dapat mengembangkan game dengan lebih baik. Buku ini membahas tentang cara pembuatan GUI pada game dengan memanfaatkan pustaka game engine GTGE (Golden T Game Engine) dan pustaka framework GTGE GUI. Kedua pustaka tersebut adalah pustaka yang gratis, berbasis Java dan dibuat oleh orang Indonesia.
3) Pemrograman Game Berbasis Web Menggunakan JavaScript + HTML 5
Pemrograman Game HTML 5
ISBN: 978-979-29-3125-9
Penulis:  Andi Taru Nugroho NW
Ukuran/Halaman: 19×23 cm² ⁄ x+158 halaman
Tahun Terbit/Berat: 2012 / 286 gram

Buku ini merupakan buku ketiga penulis setelah dua buku sebelumnya penulis membahas tentang pemrograman game pada platform PC. Pada kedua buku sebelumnya, penulis membahas khusus tentang pembuatan game PC menggunakan GTGE baik dari segi konsep, teknis, sampai pada pembuatan GUI pada game.
Melalui buku ini, penulis ingin mengangkat sebuah tema penggunaan teknologi baru, yaitu HTML 5. Sesuai latar belakangnya, HTML 5 muncul dengan harapan dapat menangani animasi dan grafis pada web browser tanpa tergantung pada jenis browser tertentu serta tanpa memerlukan instalasi perangkat lunak tambahan. Saat ini HTML 5 berkembang dengan pesat dan telah digunakan sebagai bahasa untuk membuat animasi, player audio dan video, bahkan dapat dimanfaatkan untuk membuat game berbasis web. HTML 5 dapat menjadi alternatif setelah Adobe Flash.
Kelebihan dari HTML 5 itu sendiri adalah gratis, open source, serta mendukung berbagai jenis web browser. HTML 5 menggunakan bahasa pemrograman JavaScript sebagai bahasa utama sehingga mudah dipelajari dan tergolong bahasa pemrograman yang ringan. Khusus untuk game, dengan HTML 5 kita dapat membuat game yang dapat berjalan di berbagai jenis web browser, bahkan kita dapat membuatnya berjalan pada platform Facebook. Menarik bukan!

Materi yang dibahas dalam buku ini:
1. Pengenalan
2. HTML 5
3. CSS 3
4. JavaScript
5. HTML 5 Canvas
6. Penanganan Image
7. Animasi
8. Penanganan Input
9. Penanganan Tubrukan
10. Penanganan Audio
11. Contoh Game Shooter

4) Cara Mudah Membuat Game di Android
Buku Pemrograman Game Android
ISBN: 978-979-29-3384-0
Penulis:  Andi Taru Nugroho NW
Ukuran/Halaman: 19×23 cm² ⁄ xii+216 halaman
Tahun Terbit/Berat: 2013 / 388 gram

Melalui buku ini, penulis ingin mengangkat sebuah tema pemrograman game di smartphone yang cukup tren saat ini, yaitu Android. Seperti telah kita ketahui, perkembangan teknologi Android cukup pesat dan menjanjikan untuk dijadikan ladang bisnis. Salah satunya adalah bidang entertainment, khususnya game.
Karena Android memiliki basic bahasa pemrograman Java, bagi pembaca yang sudah mengenal Java pasti tidak asing dengan bahasa yang dipakai di dalam buku ini. Namun bagi yang merasa masih pemula tidak perlu khawatir. Buku ini juga ditujukan bagi pemula yang ingin bisa membuat game di platform Android. Menarik bukan!

Materi yang dibahas dalam buku ini cukup lengkap dan dapat dijadikan dasar pembuatan game di Android, meliputi:
1. Instalasi (Instalasi Java, Instalasi Eclipse, Instalasi Android, Instalasi AndEngine)
2. Objek Primitif (Line, Rectangle)
3. Font (Load Font, Stroke Font, Custom Font)
4. Texture (Load Texture, Texture Manipulation)
5. Sprite (Sprite, AnimatedSprite, SpriteBatch, RemoveSprite)
6. Background (Color Background, Repeating Background, Parallax Background)
7. Teks (Text, ChangeableText, TickerText)
8. Deteksi Input (Touch, Touch Drag, Acceleration, Analog, DigitalControl)
9. Modifier (Alpha, Move, Rotation, Path, Scale)
10. Collision (PixelPerfect, Shape Collision)
11. Audio (Music, Sound)
- See more at: http://javaclopedia.com/review-buku#sthash.To1Tp25G.dpuf

Sumber : Google

2 komentar: